Tes TOEFL merupakan salah satu tes untuk mengetahui sejauh mana kemampuan
bahasa inggris kita. Tes ini memiliki banyak kegunaan seperti jika seseorang
ingin keluar negeri atau bekerja diluar negeri, ia harus mengetahui kemampuan
bahasa inggrisnya terlebih dahulu. Salah satunya ialah dengan tes TOEFL ini.
Tes ini merupakan syarat mutlak bagi orang yang ingin bekerja diluar negeri
atau bekerja di perusahaan asing karena dengan memiliki skor TOEFL dengan skor
tertentu kita bisa bekerja di perusahaan asing atau bekerja diluar negeri.
Tes TOEFL terdiri dari 3 aspek yang salah satunya ialah listening.
Listening merupakan salah satu bentuk tes TOEFL dengan menggunakan kemampuan
mendengar kita dengan percakapan dalam bahasa inggris. Didalam listening kita
harus mengetahui poin-poin penting didalam sebuah percakapan yang direkam oleh
tape recorder.
Bagian listening comprehension
pada tes TOEFL sering menjadi momok yang menakutkan bagi peserta tes. Bagian
pertama dalam tes TOEFL ini sering membuat pesert gagal lulus tes. Meskipun
sudah merasa pintar berbahasa inggris banyak juga yang tidak lulus. Ketika
belajar bahasa inggris disekolah atau ditempat kursus jarang mempelajari bagai
mana cara pengucapan (pronunciation) bahasa inggris yang benar, sehingga ketika
mendengar native speaker jadi susah memahami apa yang diucapkannya.
Walaupun
sulit tidak harus patah semangat dalam mengerjakan karena selain dengan
kemampuan bahsa inggris, strategi yang tepat juga bisa membantu dalam menjawab
soal-soal tersebut :
Ada
3 bentuk soal listening yang akan diujikan yaitu Short Conversation, Longer
Conversation, dan Talk (Pidato). Sebelum masuk ke tips cara menjawab tiap
bagian-bagian soal.
Berikut
adalah tips umum dalam mengerjakan semua bagian soal listening
1.
Pahamilah
bentuk-bentuk perintah (Direction pada masing-masing bagian (part) dengan baik
sebelum hari H)
2.
Baca
pilihan-pilihan jawaban masing-masing soal ketika narrator sedang membacakan
direction dan contoh soal (Direction sudah di baca sebelum hari H)
3.
Dengarkan penuh
konsentrasi dan fokus perhatian Anda pada percakapan yang sedang anda dengarkan
4.
Maksimalkan
kemampuan mendengar anda pada soal-soal pertama masing-masing part
Seteleh
Tips Umum Diatas, berikut ini adalah Tips Khusus pada tiap bagian soal :
PART
A : Short Conversation
1.
Fokus mendengar
pada pembicara kedua
2.
Jangan panik bila
tidak memahami kata demi kata dalam percakapan secara keseluruhan, kita hanya
perlu menangkap ide dan isi percakapan
3.
Bila tidak bisa
memahami apa yang diucapakan pembicara kedua, pilihlah jawaban yang paling
berbeda dari yang anda dengar
4.
Pahamilah
bentuk-bentuk functional expression(agreement, suggestion, suprice,dll),
idiomatic expression dan situasi ketika pembicaraan dilakukan
PART
B : Longer Conversation
1.
Ketika narrator
membicarakan direction part B sebaiknya membaca pilihan jawaban secara sekilas
kemudian merekamnya dan memperkirakan tema apa yang akan diperbincangkan
2.
Ketika menyimak
conversation, anda harus mengetahui tema/topic yang dibicarakan
3.
Waspadalah pada
masing-masing pertanyaan
4.
Cermati kondisi dan
situasi yang terjadi selama percakapan berlangsung yakni menyangkut dengan
tempat dan waktu pembicaraaan, apa dan siapa yang dibicarakan
PART
C : TALK
1.
Bila anda memiliki
banyak waktu, lihatlah pilihan-pilihan jawaban yang tertera pada lembar soal
dan temukan kata kuncinya
2.
Waspada pembicaraan
pada kalimat-kalimat pertama karena biasanya menjadi topic bagi kalimat-kalimat
selanjutnya
3.
Fokus mendengarkan
pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5-WH (What, Why, Who, When,
Where) dan How
4.
Buatlah kesimpulan
atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan.
Dibawah ini adalah beberapa soal tes toefl. Untuk test
listening kita akan diuji penguasaannya dalam mendengarkan percakapan atau
dialog dalam Bahasa Inggris. Hal ini untuk mengetahui seberapa mampu kita
berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris. Untuk contoh soalnya dapat
dilihat seperti dibawah ini:
SECTION 1 : LISTENING COMPREHENSION
Time : 30 Minutes
50 Questions
Part A
DIRECTIONS
For Each Problem in Part A, you will hear a short statement. The statement will
be spoken just one time. They will not be written out for you, and you must
listen carefully in order to understand what the speaker says.
When you hear a statement, read the four sentences in your test book and decide
which one is closest in meaning to the statement you have heard. Then, on your
answer sheet, find the number of the problem and mark your answer.
CLICK ON THIS ICON :
1. (A). Sally went to the wrong class
(B). Sally was late for class because she got lost
(C). Sally missed the class
(D). Sally had some trouble finding the class, but she arrived on time
2. (A). Jane is going on vacation
(B). Jane is leaving her job temporarily for health reason.
(C). During the summer, Jane often misses work because of illness
(D). Jane is sick of working all the time
3. (A). Henry arrived at work on time this morning
(B). Henry was two hours late this morning.
(C). Henry worked late today.
(D). Henry was an hour late for work this morning.
4. (A). I’m not sure which type of flowers Jane sent me
(B). Jane received many kind of flowers.
(C). I received many kind of flowers from Jane
(D). I appreciate Jane’s sending me flowers when I was ill.
5.
(A). William slept all the way from Georgia to New York.
(B). George didn’t sleep at all on the trip.
(C). William was half asleep all the time that he was driving.
(D). William didn’t sleep at all on the trip.
6.
(A). Too many people came to the meeting.
(B). There were not enough people at the meeting to inspect the document.
(C). We had expected more people to come to the meeting.
(D). There were not enough seats for all the people.
7.
(A). The professor said he was sorry that he had not announced the test sooner
(B). The professor was sorry that he had forgotten to bring the test to class.
(C). The professor was sorry that he hadn’t given the test earlier.
(D). The professor said he was sorry that he had not given the result of the
test sooner
8.
(A). Mary is taking a leave of absence from her job because of her health.
(B). Mary is not going to return to her job.
(C). Mary is right to quit her job.
(D). Mary did very good work but now she is quitting her job.
9.
(A). John will be able to buy groceries.
(B). John doesn’t have enough money to buy groceries.
(C). John wouldn’t buy groceries even if he had enough money.
(D). John can’t find his grocery money.
10.
(A). Hary sold no magazine
(B). Hary sold only one magazine
(C). Hary has never sold as many magazine as he sold today
(D). Hary sold five magazine at one house
11.
(A). Eighty people came to the rally
(B). Forty people came to the rally.
(C). One hundred sixty people came to the rally.
(D). One hundred people came to the rally.
12.
(A). We are going to meet Fred and Mary at the movies if we had time.
(B). We went to the movies with Fred and Mary, but the theatre was closed.
(C). We couldn’t meet Fred and Mary at the movies because we didn’t have any
money.
(D). Fred and Mary were supposed to meet us at the movies, but their car
broke down.
13.
(A). Frank told the contractor to do the work in spite of the cost.
(B). Frank told the contractor that the price was too high.
(C). Frank cannot afford the work on his house.
(D). Frank repaired his own house.
14.
(A). I studied last night because I had to
(B). I tried to study last night but the material was too hard.
(C). I couldn’t study last night because I was very tired.
(D). I studied last night because I was bored.
15.
(A). John was supposed to give the awards at the banquet but he didn’t.
(B). John was given an award, but he refused it.
(C). John didn’t go to the banquet.
(D). John went to the awards banquet but he refused to give a speech.
16.
(A). Edna goes to the movie every year.
(B). Edna hasn’t gone to the movie yet this year, but last year she did.
(C). Edna doesn’t go to the movie unless she has time.
(D). Edha hasn’t seen a movie for a long time.
17.
(A). He is out of sugar
(B). He puts only sugar in his coffee.
(C). There isn’t enough sugar in his coffee.
(D). He likes sugar but the coffee he is drinking has too much.
18.
(A). Arnold was embarrassed because his date wanted to pay for her own meal.
(B). Arnold had less than $15.
(C). Arnold didn’t want his date to know how much the food cost.
(D). Arnold didn’t want to pay for his date’s meal.
19.
(A). George didn’t have $1000 for the man.
(B). George wanted more than $1000 for the car.
(C). George agreed to take $1000 for his car.
(D). George thought that $1000 was too much to pay for a used car.
20.
(A). Harvey turned around to answer the teacher’s question.
(B). Harvey is an intelligent student.
(C). Harvey must have been embarrassed.
(D). Harvey looked in the red book for the answer to the question.
Test
toefl memang memiliki standard yang tinggi dalam mengukur penguasaan bahasa
kita, untuk itu tidak ada salahnya sedikit demi sedikit kita menyempatkan diri
untuk terus berlatih test toefl listening ini sebagai salah satu bagian dari
test toefl. Dengan demikian kemampuan kita akan lebih meningkat dan hasil dari
test ini akan lebih memuaskan dari sebelumnya.
Setelah kita melakukan strategi seperti diatas, sudah saatnya kita latihan mengerjakan tes TOEFL agar kemampuan bahasa inggris kita bisa meningkat dan memperoleh skor TOEFL yang diinginkan.
Terimakasih atas kunjunganyaa yaahh... (^_^)v
Source:
http://kumpulan-soal-dan-jawaban.blogspot.com/2013/03/contoh-soal-test-toefl-listening.html
http://belajarbahasainggrisonline.net/tips-cara-menjawab-soal-listening-tes-toefl-
dengan-benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar