Minggu, 04 Desember 2011

Universitas Gunadarma Fak. Ekonomi, Jurusan Akutansi 2011 Mata Kuliah : Soft Skill Pengantar Bisnis. Kls : 1EB19 Nama : M Fahmi Aziz. Npm 24211812 Tugas Minggu Keenam, Kelompok

Jawaban Minggu ke-6
                    Perbedaan antar Pasar dengan Pemasaran yaitu dilihat dari definisinya, Pasar adalah salah satu sistem, hubungan soasial infrastruktur usaha penjualan dalam bentuk Barang Dagang, Jasa atau Tenaga Kerja dengan alat penukar yang sah yaitu uang/ di tukar dengan barang yang senilai. Kehiatan ini juga termasuk dalam kegiatan Perekonomian. Pasar bermacam – macam dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis, komunitas sekumpulan manusia, jenis barang yang di perdagangkan & jenis jasa yang di tawarkan. Dalam ilmu Ekonomi Mainstrem, Konsep Pasar yaitu yang memungkinkan antara Penjual & Pembeli melakukan pertukaran jenis barang, jasa & informasi. Ada 2 peran di pasar yaitu Pembeli & Penjual.
                                Sedangkan Pemasaran/Marketing adalah proses Komunikasi untuk memberikan Informasi tentang barang/ jasa yang di tawarkan agar memuaskan kebutuhan manusia. Pemasaran bermula pemenuhan kebutuhan manusia kemudian menjadi keinginan. Contoh manusia ingin memnuhi kebutuhannya dengan memakan Mie Instant, tetapi manusia tidak hanya ingin memnuhi kebutuhannya saja tapi juga ingin memenuhi keinginannya untuk memakan Mie Instant merk Indomie yang lebih nikmat rasanya, maka manusia akan memilih Indomie sesuai dengan kebutuhan & juga sesuai dengan keinginan. Konsep pemenuhan kebutuhan manusia & keinginan manusia menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan Produk, Penetapan Harga, Pengiriman Barang & mempromosikan barang
                 Pasar Industri adalah pasar yang terdiri dari induvidu & lembaga /organisasi yang membeli barang untuk di pakai lagi baik langsung & tidak langsung dalam memproduksi barang lain kemudian di jual. Jenis dari pasar Industri adalah :
1.      PASAR PERSAINGAN SEMPURNA adalah Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. Contoh produknya adalah penjualan di pasar seperti beras, penjualan gandum di pasar , penjualan batubara di pasar, penjualan kentang di pasaran, penjualan gula di pasaran dan lain-lain.
2. PASAR MONOPOLI adalah Pasar monopoli akan terjadi jika di dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual. Contohnya adalah Contohnya seperti microsoft windows, perusahaan listrik negara (pln), perusahaan kereta api (perumka), perusahaan TOL jasa marga dan perusahaan GAS,  lain sebagainya.
3. PASAR OLIGOPOLI adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area. Contoh industri yang termasuk oligopoli adalah industri semen di Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat, Industri Fashion di Paris, industry

4. PASAR MONOPOLISTIK adalah Struktur pasar monopolistik terjadi manakala jumlah produsen atau penjual banyak dengan produk yang serupa/sejenis, namun di mana konsumen produk tersebut berbeda-beda antara produsen yang satu dengan yang lain.
Contoh produknya adalah seperti makanan ringan (snack), nasi goreng, pulpen, buku,   makanan soto dll.
                  Pasar Penjual Adalah sebuah pasar yang terdiri atas individu atau organisasi yang membeli barang-barang dengan tujuan dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan keuntungan atau laba.
                Contohnya dari  Pasar Penjual adalah anda buka grosir buah murah, anda jual ke pedagang eceran. Beli kepiting bakau dari pengepul di Kalimantan, kemudian saya jual ke eksportir. Tante saya buka grosir cemilan aneka rasa, kemudian saya jual ke pasar . Pakde saya punya grosir buku di kuitang senen lalu menjual ke pedagang kaki lima di bekasi. Nelayan ikan di pantai indah kapuk menjual sebagian tangkapannya ke luar negri
                  Konsep inti pemasaran memiliki beberapa konsep yaitu Konsep Produksi konsumen menyukai produk yang tersedia & selaras dengan kemampuan & menejemen berkonsentrasi pada efisiensi produksi & distribusi,dalam kata lain Konsep ini menjelaskan bahwa konsumen menyukai produk yang terjangkau. dalam menjual produknya,seperti iklan –iklan yang gencar, diskon potongan harga atau hadiah – hadiah.
1)      Kebutuhan (Needs) adalah Kebutuhan manusia  (human needs) adalah ketidakberadaan beberapa pemuas dasar. Manusia membutuhkan makanan, pakaian, tempat berlindung, keamanan, hak milik dan harga diri. Kebutuhan ini tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar. Mereka merupakan hakikat biologis dan kondisi manusia. Sebagai pelaku usaha harus jeli dalam membidik kebutuhan manusia pada saat sekarang ini. Mungkin bisa saya contohkan untuk saat sekarang yang sedang berkembang pesat adalah teknologi mobile dan informasi. Dua kebutuhan yang terkait dengan hal tersebut ialah PULSA dan INTERNET CONNECTION. Perusahaan yang pandai melihat pasar sebagai kebutuhan pokok tersebut akan sukses dalam berusaha. Karena manusia sekarang sudah dapat dikatakan dengan “Ketergantungan Pulsa dan Internet”.
2)      Keinginan (wants) adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik.Orang daerah perkotaan membutuhkan makanan dan menginginkan hamburger, kentang goreng, dan minuman berkarbonisasi. Dalam masyarakat lain kebutuhan ini mungkin dipenuhi dengan cara lain. Seorang yang lapar di daerah pedesaan mungkin menginginkan nasi, buah-buahan, dan kacang. Meskipun kebutuhan manusia sedikit, keinginan mereka banyak. Keinginan manusia terus dibentuk dan diperbaharui sejalan dengan perkembangan jaman. Bagi kalangan pengusaha yang ingin membidik pasar dari segi keinginan manusia ini harus benar-benar sekreatif mungkin sehingga manusia (baca: konsumen) tertarik.
3)      Permintaan (demands) Permintaan (demands) adalah keinginan akan produk spesifik yang didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membelinya. Keinginan jadi permintaan jika didukung oleh daya beli. Banyak orang yang menginginkan mobil mewah, namun hanya sedikit yang mampu dan bersedia untuk membeli. Karena itu perusahaan harus mengukur tidak hanya berapa banyak orang yang menginginkan produk mereka tetapi yang lebih penting berapa banyak orang yang benar-benar bersedia dan mampu membelinya.
4)      Konsep Produk adalah konsep dimana konsumen menyukai produk yang bermutu & kinerjanya baik serta keistimewaannya yang mencolok, menejemen harus memperbaiki  terus – menerus produknya juga harus inovativ.
Konsep Produk juga bisa di maknai dengan Manusia dalam memuaskan kebutuhan dan keinginannya dengan menggunakan produk. Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan. Produk atau penawaran dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu barang, jasa, dan gagasan. Sebagai contoh adalah sebuah restoran siap saji menyediakan barang (hamburger, kentang goreng, dan minuman ringan), jasa (pembelian, jasa memasak, dan menyediakan tempat duduk), dan gagasan (menghemat waktu konsumen).Point satu sampai tiga menjadi dasar Anda untuk menentukan produk yang ingin dipasarkan. Gunakan bidikan yang tepat dan perencanaan yang matang untuk menentukan produk Anda (Barang, Jasa atau Gagasan) agar menang dalam persaingan didalam dunia pemasaran.Perusahaan manufaktur sering membuat kesalahan dengan lebih memperhatikan produk fisik daripada jasa yang diberikan produk tersebut.Mereka merasa menjual produk daripada memberikan pemecahan atas suatu kebutuhan.
5)      Nilai, Biaya dan Kepuasan Bagaimana seseorang memilih di antara banyak produk yang dapat memuaskan kebutuhannya?Bagaimanapun juga seseorang harus memutuskan produk mana yang akan memberikan kepuasan total yang terbesar. Konsep yang dapat membantu memecahkan masalah ini adalah nilai dan kepuasan. Nilai (value) adalah perkiraan konsumen atas seluruh kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhannya. Misalkan seseorang tertarik pada kecepatan dan kemudahan berangkat ke tempat kerja. Jika ditawarkan semua produk tersebut di atas tanpa biaya, ia akan memilih mobil. Namun, karena tiap produk memiliki biaya  (cost), ia tidak akan memilih mobil yang biayanya jauh lebih besar daripada sepeda atau taksi. Ia harus mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan mobil. Karena itu ia akan mempertimbangkan nilai dan harga produk sebelum menetapkan pilihan. Ia akan memilih produk yang menghasilkan lebih banyak nilai per rupiah. Menurut DeRose, nilai adalah”pemenuhan tuntutan pelanggan dengan biaya perolehan, pemilikan, dan penggunaan terendah”.
6)      Konsep Pemasaran adalah konsep dimana penentuan kebutuhan & keinginan pasar sasaran & pemberian kepuasan secara lebih efektif & efisien dari yang di lakukan pesaing.
7)      Konsep Penjualan adalah konsep dimana konsumen tidak membeli banyak produk, kecuali menejemen melakukan usaha promosi yang baik & menarik
8)      Konsep Pemasaran Sosial adalah konsep yang memperhatikan masalah – masalah isu global yang marak muncul

Bauran Pemsaran/ Marketing Mix adalah kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemsaran perusahaan, “Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the market.”(Marketing Management,1997) yang kurang lebih memiliki arti bauran pemasaran adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.
                       Menurut Kotler (1997:92), Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the target market. yang kurang lebih memiliki arti bahwa bauran pemasaran adalah sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau target pasar yang dituju. Menurut Stanton (1978) Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, harga, kegiafan promosi dan sistem distribusi.
1.      Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
2.       Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period,creditterms,andretailprice.
3.      Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
4.       Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation,and direct marketing. variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran (Koter, 1997:604):

Sumber Refrensi :

1 komentar:

  1. Kita juga mempunyai jurnal mengenai Internet Advertising, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya:
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3548/1/JURNAL.pdf
    Semoga bermanfaat!

    BalasHapus