Apa saja kebutuhan pokok manusia itu? Jawabanya adalah
sandang, pangan, dan papan. Setiap manusia pasti bisa memnuhi kebutuhan sandang
dan panganya, namun belum tentu dapat memenuhi kebutuhan sandang papanya. Mengapa
demikian? Sebab kebutuhan yang satu ini memang tidak mudah untuk terpenuhi,
karena harganya yang mahal. Kita harus siap dengan segepok uang dulu sebelum
dapat membeli sebidang tanah, rumah, atau tempat usaha.
Disisi lain, karena melibatkan uang dalam jumlah banyak,
tidak sedikit orang yang sangat berhati-hati menanamkan investasi dalam bentuk property.
Mereka pasti akan memilih tempat-tempat yang strategis, perizinanya lengkap
atau mudah diurus, dan harganya terjangkau. Untuk urusan yang satu ini, calon
konsumen seringkali mengalami kebingungan atau bimbang. Repotnya, yang mereka
ajak bicara justru sanak keluarganya sendiri yang belum tentu tahu mengenai
dunia property. Sering kali mereka juga keluar masuk kantor developer hanya untuk
mengetahui informasi mengenai property yang dijual developer tersebut. Ini tentu
pekerjaan yang melelahkan.
Ketiadaan atau sulitnya kita memperoleh informasi sebagai
bahan pertimbangan kita ketika akan membeli property ini merupakan salah satu
peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan lumayan bagi pebisnis kreatif. Kebuthan
utama manusia akan papan menjadi alas an pembenar yang akan berlaku sampai
kapan pun. Karena setiap manusia yang baru dewasa, baru memiliki keluarga, baru
memiliki usaha, pasti akan membutuhkan tempat untuk merek tinggal.
Modal utama pebisnis utama jual beli properti ini adalah informasi. Informasi yang dibutuhkan
adalah informasi mengenai developer dan produk-produknya, informasi mengenai
wilayah dan rencana pengembangan suatu wilayah oleh pemerintah, serta informasi
mengenai tren atau prospek kedepan mengenai letak suatu property. Informasi ini
harus selalu diperbaharui secara berkala dari waktu ke waktu. Semua informasi
ini kemudian disusun dalam sebuah web khusus yang dapat diakses oleh setiap
orang dimanapun dan kapanpun.
Jadi, jangan bayangkan jual beli property yang
konvensional. Bisnis property ini adalah bisnis property modern yang sumber
kekuatanya bukan hanya produk, namun informasi terbaru yang dapat di akses
kapan saja. Tentunya pebisnis semacam ini mesti memiliki jaringan kerja dengan
pemerintah daerah, developer, serta pengelola web yang professional.
Bisnis ini tahan krisis, karena mengandalkan informasi
sebagai produk utamanya. Sementara itu, informasi pasti dibutuhkan oleh setiap
orrang dengan cara mengakses yang paling mudah dan murah, yakni internet. Tidak
sulit kam? Apalagi bisnis ini memiliki masa jual yang tak terbatas, yakni sepanjang
orang masih membutuhkan property sebagai salah satu kebutuhan pokoknya akan
papan.
Kunci Bisnis:
Tidak
semua developer tahu keinginan konsumen.
Sebaliknya, tidak semua calon konsumen tahu cara mereka mendapatkan property yang
tepat. Mereka sama-sama saling membutuhkan informasi yang akurat. Disinilah kunci
utamanya.
Kebutuhan yang tidak dapat dinilai dengan
uang:
Mendapatkan
informasi mengenai property dan mendapatkan property yang strategis dengan
harga yang terjangkau tentunya, serta memiliki prospek kedepan yang bagus.
Bentuk Bisnis:
Bisnis
ini biasanya berbentuk perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha perseorangan.
Bidang Bisnis:
a.
Jasa jual beli informasi mengenai property.
b.
Jasa jual beli property.
c.
Jasa konsultasi property.
Manajemen
Bisnis
ini biasanya memiliki manajemen yang sangat ramping, terdiri dari pemilik yang
merangkap sebagai pimpinan, tim pemburur informasi atau tim lapangan, serta tim
manajemen yang terdiri dari administrasi dan pengelola web.
Kekuatan (Strenght)
Kebutuhan
manusia akan property tidak akan pernah terhenti, sepanjang generasi manusia
itu tumbuh dan berganti. Kompleksitas kehidupan modern seperti saat ini membuat
mereka memerlukan sebuah cara sederhana untuk mendapatkan informasi mengenai property
yang mereka inginkan. Jika perlu, mereka cukup di rumah, namun informasi itu
sudah tersedia dalam waktu singkat tanpa harus keluar banyak biaya.
Di
sinilah dibutuhkan peran seorang pengusaha yang mampu memenuhi kebutuhan mereka
itu, yakni dengan sarana teknologi informasi. Bisnis ini memiliki masa depan
yang cerah, karena bisnis ini mampu menembus batasan waktu dan tempat. Bisnis ini
bekerja 24 jam tanpa henti, karena dapat di akses kapan saja dan di mana saja. Kekuatan
ini akan bertahan setidaknya satu abad mendatang, di mana mungkin kita tidak
memerlukan lagi sarana teknologi informasi, karena mungkin sudah terdapat
sarana yang revolusioner yang lain.
Kelemahan (Weakness)
Mencari
data atau informasi yang layak tayang itu tidak mudah. Kesulitan birokrasi
sudah membayang di depan mata. Padahal bisnis ini membutuhkan informasi yang
komrehensif dari pemda dan developer. Selain itu, kita harus melayani segala
macam pertanyaan dari calon pembeli atau klien kita. Di sini dibutuhkan daya
analisis yang cuup kuat, serta wawasan yang sangat luas. Kelemahan ini tidak
bisa ditangani oleh pengusaha sendirian. Ia harus membentuk suatu tim yang
solid, mulai dari tim pemburu informasi, tim manajemen, samapai dengan tim
customer service. Semua tim ini harus mampu bekerja sesuai dengan bidangnya
masing-masing. Keberhasilan suatu organisasi perusahaan ini akan mengahasilkan
keuntungan lumayan bagi pengusaha itu selaku pimpinanya. Asalkan pengusaha itu
mampu membentuk tim yang solid, kelemahan apapun akan bisa teratasi. Jadi pada
bisnis ini, tidak begitu memiliki kelemahan yang berarti.
Peluang (opportunity)
Peluang (opportunity)
Setiap wilayah memiliki rencana
pengembangan dan pembangunan. Rencana pengembangan dan pembangunan ini selalu
berubah-ubah,tergantung kebijakan pemda setempat. Informasi mengenai rencana
pengembangan dan pembangunan inilah yang patut untuk dijadikan bisnis. Apalagi kita
semua tahu bahwa pemda kita itu, meskipun memiliki bagian humas, tetapi tetap
saja tidak mampu men-sosialisasikan rencana pembangunanya dengan baik. Padahal masyarakat
luas juga berhak tahu mengenai rencana pembangunan ataupun pembangunannyang
selalu berkaitan dengan property ini.
Peluang muncul ketika terjadi
kesenjangan antara permintaan informasi dan pemenuhan kebutuhan informasi dari
pemerintah. Di sinilah peran pebisnis jual beli property modern diperlukan. Jika
pebisnis ini mampu mengelola informasi dengan baik, maka informasi yang
kelihatanya sepele ini akan menghasilkan keuntungan yang tak terbatas.
Ancaman (Threat)
Bisnis ini sebenarnya minim
ancaman. Lagipula pasarnya tidak terbatas di satu wilayah tertentu saja. Namun,
karena mengandalkan teknologi informasi, ancaman kecil-kecilan sering terjadi,
misalnya kegagalan system sehingga web kita tidak bisa di akses atau ada
gangguan dari hacker.
Namun, bukan berarti ancaman ini
tidak bisa diantisipasi. Jika web tersebut memang sangat efektif menjaring
pelanggan, maka pebisnis harus mempekerjakan seorang ahli teknologi inormasi
untuk selalu mengawal operasional web ini sehari-hari. Jika perlu, siapkan system
cadangan untuk keperluan darurat.
Kunci Sukses Binis Ini:
Bisnis ini akan menuai sukses
bila pengusaha mampu mengelola perusahaanya :
a.
Menyediakan informasi terbaru yang komprehensif
yang dibutuhkan oleh calon konsumen.
b. Memuaskan calon klien karena jawaban-jawaban
konsultasinya bermutu, artinya semua pertanyaan klien terjawab dengan
memuaskan.
c.
Membantu klien dalam melakukan transaksi property
yang diinginkanya.
BAGAIMANA JIKA
MEMBUAT BISNIS BARU?
Berikut ini akan diberikan contoh untuk memulai usaha baru
AGEN & KONSULTAN PROPERTI. Analisis diberikan dengan menggunakan
asumsi-asumsi sebagai berikut:
Untuk mendirikan usaha baru, investasi yang dibutuhkan
adalah sewa tempat untuk kantor, renovasi tempat usaha bila diperlukan ,
pembelian meja-kursi administrasi, pembelian komputer grafis, pembuatan website
dan marketing tools.
Biaya-biaya yang harus dikeluarkan, antara lain biaya
telepon, biaya listrik, biaya air, biaya tenaga kerja, biaya marketing tools,
biaya pembelian ATK, dan sebagainya.
Pendapatan diperoleh dari target penjualan property yang
anda tetapkan sendiri (misalkan target keuntungan Rp. 50.000.000,00/bulan, di
mana angka tersebut merupakan hasil dari rumus 2% dikali nilai jual property). Keuntungan
riil akan anda dapatkan jika pendapatan ini dikurangi biaya operasional. Periode
pengembalian investasi akan anda peroleh jika total biaya investasi dibagi
dengan keuntungan riil yang didapat.
Keuntungan riil:
Periode pengembalian investasi
Catatan:
Perhitungan dalam contoh diatas menggunakan asumsi-asumsi. Pada kondisi riil, di setiap daerah akan terjadi perbedaan angka yang mempengaruhi pencapaian hasil yang diinginkan. Hal ini disebabkan perbedaan harga barang untuk investasi dan tingkat permintaan produk di daerah-daerah tertentu. Anda dapat menambah ataupun mengurangi komponen biaya-biaya diatas sesuai dengan keinginan anda. Contoh diatas diberikan untuk memberikan gambaran perhitungan yang harus dilakukan bagi anda yang ingin mendirikan salah satu jenis bisnis tahan krisis ini.
ASUMSI PERHITUNGAN
SEDERHANA
Biaya investasi:
Biaya sewa tempat usaha : Rp.10.000.000,00
Biaya renovasi tempat usaha : Rp. 5.000.000,00
Biaya meja-kursi administrasi : Rp.
1.000.000,00
Beli meja-kursi tamu : Rp. 5.000.000,00
Beli komputer administrasi : Rp. 2.000.000,00
Beli komputer grafis : Rp. 5.000.000,00
Bikin website & marketing tools : Rp.
10.000.000,00
TOTAL BIAYA INVESTASI :
Rp. 38.000.000,00
Pendapatan per bulan
berdasarkan target:
Target penjualan rumah senilai 1 milyar rupiah
Dengan keuntungan kotor 2,5% x target = 25 Juta rupiah
Biya operasional
Biaya telepon :
Rp. 1.000.000,00
Biaya listrik dan air :
Rp. 500.000,00
Biaya transportasi :
Rp. 2.000.000,00
Biaya tenaga kerja 3 x 1 juta :
Rp. 3.000.000,00
Biaya marketing tools (pameran, iklan, dsb) : Rp. 10.000.000,00
Biaya operasional web : Rp.
2.000.000,00
TOTAL BIAYA OPERASIONAL :
Rp. 18.500.000,00
Keuntungan riil:
25.000.000 – 18.500.000 :
Rp. 6.500.000,00
Periode pengembalian investasi
38.000.000 : 6.500.000 :
6 Bulan
Catatan:
Perhitungan dalam contoh diatas menggunakan asumsi-asumsi. Pada kondisi riil, di setiap daerah akan terjadi perbedaan angka yang mempengaruhi pencapaian hasil yang diinginkan. Hal ini disebabkan perbedaan harga barang untuk investasi dan tingkat permintaan produk di daerah-daerah tertentu. Anda dapat menambah ataupun mengurangi komponen biaya-biaya diatas sesuai dengan keinginan anda. Contoh diatas diberikan untuk memberikan gambaran perhitungan yang harus dilakukan bagi anda yang ingin mendirikan salah satu jenis bisnis tahan krisis ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar