Kamis, 20 September 2012

Tips Aman Menggunakan Earphone



P
emakaian earphone atau alat pedengar secara tidak tepat dan berlebihan bias menyebabkan ketulian. Masalah ini banyak diderita oleh para remaja. Dan, berdasarkan penemuan Komnas Penaggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian, hal ini telah dialami oleh beberapa remaja yang menggunakan earphone pada alat pemutar musik dalam pasawat dari Bangkok ke Jakarta dan dari Amerika ke Jakarta.
“Saat sampai di Bandara Cenkareng, telinga mereka menjadi tuli dengan derajat ketulian 110 decibel(db). Sedangkan normal pendengaran kita 0-25 db,”kata Ketua Komnas Penaggulangan Gangguan pendengaran dan Ketulian, Damayanti Soetjipto pada pencanangan Hari Kesehatan Telinga dan Pendengaran di SDN 05 rawasari, Jakarta Pusat, Rabu (3/3).
Menurutnya, jika telah terjadi gangguan seperti ini akan sulit untuk diobati dan disembuhkan. Bahkan hal terburuk yang akan terjadi adalah mengalami tuli permanen. Pengobatan yang dilakukan pun hanya bias mengembalikan derajat ketulian menjadi 55 db dan ini termasuk dalam kategori ketulian sedang-bera yang tidak akan mungkin kembali normal.
Dan perlu diketahui, gejala awal gangguan ini hanya di nada tinngi sehingga sering tidak dirasakan karena umumnya ketika becakap-cakap dalam nada rendah. Setelah semua frekuensi terkena, baru terasa bahwa pendengaran terganggu dansuda terlambat untuk diobati.
Untukitu, agar terhindar dari ketulian , gunakan alat pemutar musik dengan baik dan benar. Bagaimana caranya,berikut tipsnya :
  • -          Volume tidak boleh dari 80 db atau tombol dipasang pada 50-60 persen totalvolume.
  • -          Jangan terlalu lama mendengarkan musik melalui earphone, apalagi terus menerus. Beri istirahat telinga setiap ½-1 jam. Sebeb jika organ dalam koklea merasa capek, pendengaran bisa mengalami rusak permanen.
  • -          Gunakan alat pemutar musik  yang memiliki volume control.
  • -          Jangan gunakan alat pemutar musik dalam pesawat terbang atau pada lingkungan ramai, sebab di situasi itu anda cenderung menaikkan volume yang akan merusak pendengaran.

Demikian tatacara menggunakan earphone yang baik dan benar, jangan sampai alat pendengaran kita rusak akibat terlalu lamanya kita mendengarkan musik dengan volume tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar