Selasa, 18 September 2012


TIPS SUKSES MEMBANGUN USAHA KECIL
Setiap harinya, banyak bisnis-bisnis baru diciptakan. Ada yang berhasil, tapi tidak sedikit yang gugur di tengah jalan. Banyak factor yang mempengaruhinya, namun bagi anda yang ingin memulai usaha kecil, jangan takut, karena kalau kita tahu tips and trik dalam mengembangkan bisnis kita, bisa dipastikan bisnis anda akan semakin maju dari para pesaing anda. Apa saja tipsnya, berikut tipsnya:
1.    Temukan ceruk pasar. Jika anda ingin memulai usaha kecil, yang terbaik adalah menemukan ceruk pasar yang pas dan tepat, untuk meng-efektifkan seluruh sumberdaya di dalam usaha anda. Dengan berkonsentrasi pada ceruk pasar yang cukup sempit, Anda mungkin saja dapat menhindari tabrakan dari pesaing anda yang lebih besar.
2.    Kecil usahanya, besar strateginya. Jangan malu memulai usaha, apalagi merintis sebuah usaha dengan skala kecil, jika kita berpikir besar dan mempunyai strategi jitu dalam mengembangkan sebuah bisnis. Pertanyaan yang paling umum dari usaha kecil adalah ”bagaimana saya bisa bersaing dengan competitor besar saya”?. Usaha kecil lebih fleksibel, sehingga mampu merespon pasar dengan cepat, dan melayani lebih personal. Pastikan bahwa bisnis anda mengambil keuntungan yang maksimum dari daerah-daerah yang mewakili kekuatan perusahaan kecil. 
3. Bedakan produk anda. Ini menjelaskan manfaat produk dan jasa anda kepada pelanggan anda, menyoroti solusi yang unik yang menawarkan untuk masalah mereka. Hindari menjadi peniru karena peniru jarang berhasil dipasar.
4. Kesan pertama penting. Upayakan untuk fokus pada akurasi dan kualitas. Anda sering tidak memiliki kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama yang baik. Pastikan anda selalu rapi, profesional, dan berpengetahuan yang luas tentang bisnis anda.
5. Memiliki reputasi baik. Bisnis anda bergantung pada reputasinya. Sangat penting bagi anda untuk membangun reputasi bisnis yang baik dengan kualitas produk dan layanan dukungan. Ingatlah dua hal yang menjamin kesuksesan bisnis anda: barang yang berkualitas dan layanan unggul.
6. Selalu solutif terhadap konsumen anda. Pengusaha tahu bahwa mereka harus solutif terhadap pelanggan agar tidak tertinggal oleh pesaingnya. Lingkungan bisnis saat ini menuntut anda untuk datang dengan solusi baru yang cepat.
7. Dengarkan pelanggan anda. Pelanggan merasa perlu anda prioritaskan dan penting bagi anda. Ketika anda fokus kepada pelanggan dan mendapat kepercayaan mereka, mereka akan merekomendasikan produk anda, dan bahkan akan setia dengan produk anda karena anda telah mendapatkan kepercayaan dari mereka. Tidak semua pengusaha mampu untuk mendapatkan kepercayaan dari para pelangganya, ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kualitas dan layanan seseorang terhadap pelangganya yang mempengaruhi citra bisnis dimata pelanggan, namun hanya pengusaha yang kreatif dan tekun dalam menjalankan bisnis sehingga mereka mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan.
8. Buat rencana untuk sukses. Seorang pengusaha harus memahami kekuatan perencanaan. Sebuah rencana yang baik membantu anda meningkatkan peluang anda untuk berhasil dan dapat membantu anda menentukan konsep bisnis anda, perkiraan biaya, prediksi penjualan, dan mengendalikan resiko anda.
9. Inovatif. Berinovasilah terus menerus sejalan dengan perubahan teknologi. Gunakan perubahan sebagai batu loncatan untuk meningkatkan produk anda, prosedur, ataupun reputasi. Inovasi juga mencakup harga, promosi, layanan pelanggan, distribusi, dll.
10. Bekerjalah dengan cerdas. Sebagai pengusaha, anda perlu memiliki kepercayaan diri, selalu inovatif mengembangkan ide-ide anda. Penelitian telah menunjukan bahwa individu yang sukses dalam berwirausaha adalah mereka yang memiliki visi jauh kedepan. Mereka tahu bagaimana mengelola waktu mereka, dan menyadari pentingnya rekreasi sebanyak pekerjaan. Mereka sering kali cepat berubah arah ketika mereka melihat rencana mereka tidak bekerja


Tidak ada komentar:

Posting Komentar